Meningkatkan Minat Baca di Kabupaten Humbang Hasundutan melalui Komitmen Bersama


Doloksanggul (….)

Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Humbang Hasundutan mengadakan acara Launching Gerakan Meningkatkan Minat Baca di Perpustakaan melalui Komitmen Bersama dengan 5 (lima) sekolah. Acara tersebut dilaksanakan pada hari Senin, 2 Oktober 2017 bertempat di Kantor Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Humbang Hasundutan. Kegiatan dibuka secara resmi oleh Bapak Drs. Lautdin Sitinjak, M.Pd selaku Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Humbang Hasundutan. Dalam pelaksanaan program ini, lima (5) sekolah terdekat dipilih untuk membangun komitmen bersama dengan Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Humbang Hasundutan antara lain dua (2) sekolah SMP yaitu SMP Negeri 1 Doloksanggul, SMP Negeri 2 Doloksanggul dan tiga (3) sekolah SD yaitu SD Negeri 173393 Doloksanggul, SD Negeri 173394 Doloksanggul, dan SD Negeri 173396 Doloksanggul.

Pada acara tersebut dilaksanakan penandatanganan Komitmen Bersama oleh Kepala Sekolah dan Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Humbang Hasundutan. Komitmen bersama yang dihasilkan meliputi peran sekolah untuk menginformasikan layanan perpustakaan ke seluruh warga sekolah, memberikan jadwal kunjungan siswa ke  perpustakaan secara periodik dan menugaskan guru pendamping melakukan pengawasan kunjungan siswa. Selanjutnya pihak Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Humbang Hasundutan berkomitmen akan memberikan layanan perpustakaan terhadap pengunjung dengan menjadikan pengunjung sebagai tamu terbaik.

Dalam sambutannya, Kadis Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Humbang Hasundutan menyampaikan bahwa Launching Gerakan Meningkatkan Minat baca di Perpustakaan melalui Komitmen Bersama sekaligus mendukung pelaksanaan Laboratorium Kepemimpinan Adrianus TH. Mahulae, M.Pd selaku Kepala Bidang Perpustakaan. Beliau mengatakan untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia di Kabupaten Humbang Hasundutan sangat ditentukan oleh budaya membaca masyarakat. Drs. Lautdin Sitinjak menambahkan bahwa Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Humbang Hasundutan terbentuk melalui Peraturan Daerah Nomor 6 Tahun 2016 tentang Pembentukan Perangkat Daerah Kabupaten Humbang Hasundutan dan telah efektif bekerja sejak tahun 2017 dan telah melakukan berbagai upaya dalam rangka meningkatkan minat baca masyarakat melalui layanan membaca pada Perpustakaan, layanan perpustakaan keliling, dan memasyarakatkan minat baca melalui sekolah, desa, dan kecamatan di Kabupaten Humbang Hasundutan. (AM/dispusar)