Tupoksi SKPD


Kepala Dinas

Kepala Dinas mempunyai tugas :

  1. memimpin dan mengordinasikan pelaksanaan tugas dan fungsi Dinas;
  2. mengordinasikan pelaksanaan tugas dan fungsi Sekretariat, Bidang dan Kelompok Jabatan Fungsional;
  3. mengembangkan dan melaksanakan koordinasi, kerjasama dan kemitraan dengan SKPD/UKPD, instansi pemerintah, swasta dan/atau pihak ketiga lainnya dalam rangka memperlancar pelaksanaan tugas dan fungsi Dinas;
  4. melaksanakan tugas lain yang diberikan oleh Bupati; dan
  5. melaporkan dan mempertanggungjawabkan pelaksanaan tugas dan fungsi Dinas.

Sekretariat

 

  • Sekretariat merupakan unit kerja Dinas sebagai unsur staf dalam pelaksanaan administrasi dinas yang dipimpin oleh Sekretaris yang berada di bawah dan bertanggungjawab kepada Kepala Dinas.
  • Sekretariat mempunyai tugas melaksanakan pelayanan teknis dan administrasi serta koordinasi pelaksanaan tugas dan fungsi Dinas.
  • Untuk melaksanakan tugas sebagaimana dimaksud pada ayat (2), Sekretariat menyelenggarakan fungsi :
  1. penyusunan bahan Renstra, Renja, RKA dan DPA Dinas sesuai dengan lingkup tugasnya;
  2. pelaksanaan DPA Dinas sesuai lingkup tugasnya;
  3. pengordinasian penyusunan kebijakan, Renstra, program, kegiatan dan anggaran Dinas;
  4. pengordinasian penyusunan kebijakan, Renstra, program, kegiatan dan anggaran Dinas;
  5. pengordinasian penyusunan dan penyampaian laporan dan pertanggungjawaban pelaksanaan tugas Dinas;
  6. pengelolaan kepegawaian Dinas;
  7. pengelolaan keuangan Dinas;
  8. pengelolaan ketatausahaan Dinas;
  9. pengelolaan kerumahtanggaan Dinas;
  10. pengelolaan perlengkapan Dinas;
  11. pengelolaan dokumentasi dan arsip Dinas; dan
  12. mengordinasikan pelaksanaan tindak lanjut atas laporan hasil pemeriksaan.

Kasubbag. Umum dan Kepegawaian

 

  • Subbagian Umum dan Kepegawaian merupakan satuan pelaksana Sekretariat dalam pelaksanaan pengelolaan ketatausahaan, kerumahtanggaan, perlengkapan dan kepegawaian, yang dipimpin oleh seorang Kepala Subbagian yang berkedudukan di bawah dan bertanggung jawab kepada Sekretaris
  • Subbagian Umum dan Kepegawaian mempunyai tugas melaksanakan pengelolaan ketatausahaan, kerumahtanggaan, perlengkapan dan kepegawaian Dinas.
  • Untuk melaksanakan tugas sebagaimana dimaksud pada ayat (2), Subbagian Umum dan Kepegawaian melaksanakan uraian tugas sebagai berikut :
  1. menyusun bahan Renstra, RKA, dan DPA Dinas sesuai lingkup tugasnya;
  2. melaksanakan DPA Dinas sesuai lingkup tugasnya;
  3. melaksanakan penerimaan, pencatatan, pembukuan, pendistribusian, pengendalian dan pengarsipan surat masuk surat masuk Dinas;
  4. melaksanakan penerimaan, taklik, proses penandatanganan, penomoran, pencatatan, pembukuan, distribusi, pengiriman dan pengarsipan surat keluar Dinas;

 

  1. melaksanakan pemeliharaan keindahan, kebersihan, ketertiban, keteraturan, keamanan dan kenyamanan kantor Dinas Perpustakaan dan Kearsipan;
  2. melaksanakan tugas kehumasan dan keprotokolan Dinas;
  3. menghimpun bahan, menyusun dan mengajukan kebutuhan perlengkapan dan peralatan kerja Dinas;
  4. memproses penyediaan perlengkapan dan peralatan kerja Dinas;
  5. melaksanakan penerimaan, penyimpanan, pendistribusian, pencatatan, pembukuan dan pelaporan perlengkapan dan peralatan kerja Dinas;
  6. memproses penghapusan perlengkapan dan peralatan kerja Dinas;
  7. menghimpun bahan, menyusun dan mengajukan kebutuhan ASN Dinas;
  8. melaksanakan pengelolaan dokumen ASN baru Dinas;
  9. melaksanakan orientasi ASN baru Dinas;
  10. memproses pendayagunaan ASN Dinas;
  11. mengurus pengembangan karir ASN Dinas;
  12. mengurus kesejahteraan ASN Dinas;
  13. pelaksanaan tugas lain yang diberikan oleh Sekretaris; dan
  14. pelaporan dan pertanggungjawaban pelaksanaan tugas dan fungsi Subbagian Umum dan Kepegawaian.

Kasubbag. Perencanaan dan Keuangan

  • Subbagian Perencanaan dan Keuangan merupakan satuan pelaksana sekretariat dalam pelaksanaan penyusunan perencanaan dan pelaporan serta pengolahan keuangan, dipimpin oleh seorang Kepala Subbagian yang berkedudukan di bawah dan bertanggung jawab kepada Sekretaris Dinas.
  • Subbagian Perencanaan dan Keuangan mempunyai tugas melaksanakan penyusunan perencanaan dan pelaporan serta pengolahan keuangan
  • Untuk melaksanakan tugas sebagaimana dimaksud pada ayat (2) Subbagian Perencanaan dan Keuangan mempunyai uraian tugas sebagai berikut :
  1. menyusun bahan penyusunan Renstra, Renja, RKA, dan DPA Dinas sesuai lingkup tugasnya;
  2. melaksanakan DPA Dinas sesuai lingkup tugasnya;
  3. menghimpun bahan dan menyusun Renstra, Renja, RKA dan DPA Dinas;
  4. mengordinasikan penyusunan Renstra, Renja, RKA dan DPA Dinas;
  5. melaksanakan kegiatan monitoring, pengendalian dan evaluasi pelaksanaan DPA, tugas dan fungsi Dinas;
  6. menghimpun bahan dan menyusun LAKIP, LPPD, IPPD, dan bahan LKPJ Dinas Perpustakaan dan Kearsipan;
  7. menyusun anggaran kas Dinas;
  8. memproses pengajuan SPD dan SPM Dinas;
  9. mempersiapkan pengajuan Surat Permohonan Membayar, Surat Penyediaan Dana, dan Surat Pencairan Dana Dinas;
  10. menghimpun bahan penyusunan laporan keuangan Dinas;
  11. mengordinasikan pelaksanaan tugas bendahara Dinas;
  12. memproses penerbitan SKRD dan STRD dari sektor Dinas;
  13. melaksanakan pencatatan, pembukuan dan pelaporan PAD dari sektor Dinas;
  14. melaksanakan tugas lain yang diberikan oleh Sekretaris sesuai dengan tugasnya;
  15. melaporkan dan mempertanggungjawabkan pelaksanaan tugas dan fungsi Subbagian Perencanaan dan Keuangan.

 

mempunyai 2 Bidang yaitu :

  1. Bidang Perpustakaan
  2. Bidang Kearsipan